Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Melalui Permainan Balok Angka Pada Kelompok A Ba ‘Aisyiyah Jombor Ceper Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013

SLAMET, MULYANI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Melalui Permainan Balok Angka Pada Kelompok A Ba ‘Aisyiyah Jombor Ceper Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
4._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab 2)
5._BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab 3)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (bab 4)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab 5)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (240kB)

Abstract

Pembelajaran melalui permainan balok angka ternyata hanya menghasilkan 42% anak yang mampu meningkatkan kemampuan berhitung awal dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu melaksanakan pembelajaran melalui permainan balok angka. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung awal anak melalui permainan balok angka pada anak BA ’Aisyiyah Jombor Ceper Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting BA ’Aisyiyah Jombor Ceper Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan berhitung awal anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam berhitung awal dikumpulkan dengan permainan balok angka. Kesimpulan hsil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung awal pada anak di BA ’Aisyiyah Jombor Ceper Klaten. Adapun langkah-langkah penggunaan permainan balok angka yang berhasil sebagai berikut : (a) menyiapkan media sebelum anak memasukli ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) menkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunja ng,(e) memperagakan gerakan orang yang sedang berjualan, (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam berhitung awal, permainan balok angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 05 Dec 2012 11:01
Last Modified: 05 Dec 2012 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item