Perencanaan Persediaan Bahan Baku Pellet Dengan Menggunakan Metode Heuristic Silver-Meal Pada Pabrik Direct Reduction (Studi Kasus Di PT. Krakatau Steel)

Hermawan, Arya Dita (2012) Perencanaan Persediaan Bahan Baku Pellet Dengan Menggunakan Metode Heuristic Silver-Meal Pada Pabrik Direct Reduction (Studi Kasus Di PT. Krakatau Steel). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (576kB)

Abstract

Tingkat persaingan yang tinggi menuntut perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, sehingga perusahaan perlu memberikan perhatian dari setiap tahapan produksinya untuk meningkatkan hasil produksi. Pabrik Direct Reduction PT. Krakatau Steel merupakan bagian awal dari proses pembuatan baja. Di mana bahan baku berupa pellet atau bijih besi diolah menjadi besi spons yang digunakan sebagai bahan baku untuk memproduksi baja bilet dan baja slab. Tujuan dari penelitian antara lain mengidentifikasi safety stock, lot size dan biaya persediaan bahan baku untuk kemudian dilakukan perencanaan persediaan bahan baku. Data-data yang ada pada perusahaan memiliki karakteristik tingkat permintaan yang bervariasi sehingga data-data tersebut diolah dengan metode Heuristic Silver-Meal. Hasil penelitian didapatkan safety stock bahan baku pellet sebanyak 6.528,33 Ton. Berdasarkan perhitungan lot size menggunakan metode heuristic silver-meal diperoleh sebanyak 12 kali pemesanan. Untuk mengetahui metode yang lebih efisien dalam pengeluaran total biaya persediaan bahan baku pellet dilakukan perbandingan antara total biaya persediaan menurut kebijakan perusahaan dan menurut perhitungan metode heuristic silver-meal. Hasil perbandingan diketahui bahwa perhitungan total persediaan metode heuristic silver-meal dapat menghemat biaya sebesar Rp 70.796.486.352,27 daripada perhitungan menurut kebijakan perusahaan. Hasil ini menunjukan bahwa terjadi efisiensi sebesar 2,65 % dengan menggunakan metode Heuristic Siver-Meal

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Heuristic Silver-Meal, lot size, persediaan
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2012 07:40
Last Modified: 05 Dec 2012 07:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21800

Actions (login required)

View Item View Item