Widyawati, Lilis (2012) Analisa Pengaruh Kondisi Pondasi Material Berbutir Terhadap Umur Pelayanan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab VI)
9._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10._Daftar_Pustaka.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Musim hujan mengakibatkan terjadinya rembesan samping pada kontruksi pondasi jalan, sehingga mempengaruhi daya dukung material berbutir yang berada pada lapisan pondasi. Daya dukung pondasi yang menurun tersebut akan mempengaruhi mutu, tingkat pelayanan dan umur pelayanan jalan yang semakin berkurang seperti kenyataan yang ada, dalam penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh kondisi pondasi material berbutir terhadap umur pelayanan jalan dengan menggunakan program BISAR 3.0 (Bitumen Stress Analysis in Roads). Dalam perhitungan umur pelayanan pererasan jalan pada penelitian ini, datadata pendukung seperti data lalu lintas harian rata-rata (LHR), data CBR, data temperature tahunan rata-rata, data geometrik jalan dan lain sebagainya diperoleh dari PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Semarang. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Nottingham Design Method untuk mencari nilai yang dibutuhkan sebagai input pada program BISAR 3.0, kemudian menganalisis stress dan strain menggunakan program BISAR 3.0 untuk kriteria fatigue dan kriteria deformasi yang dipakai untuk menghitung besarnya umur pelayanan perkerasan jalan. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh kondisi pondasi terhadap umur pelayanan jalan adalah pada kriteria fatigue kondisi terendam (soaked) umur pelayanan mengalami kenaikan, tetapi nilainya lebih rendah jika dibandingkan dengan kondisi tidak terendam (unsoaked) yaitu dengan persamaan y = 120,1e0.000x pada CTB 80 kg/cm2 dan y = 134,0e0.000x pada CTB110 kg/cm2. kondisi terendam (soaked) , dan untuk kondisi CBR tidak terendam (Unsoaked) dengan persamaan y = 117,7e0.000x pada CTB 80 kg/cm2 dan y = 131,6e0.000x pada CTB110 kg/cm2, sedangkan untuk kriteria deformasi kondisi terendam (soaked) umur pelayanan mengalami penurunan dan nilainya lebih rendah jika dibandingkan dengan kondisi tidak terendam (unsoaked) yaitu dengan persamaan kondisi CBR terendam (Soaked) y = 72,31e-8E-0x pada CTB 80 kg/cm2 dan y = 80,13e-8E-0x pada CTB110 kg/cm2., dan untuk kondisi CBR tidak terendam (Unsoaked) dengan persamaan y = 80,06e-0.00x pada CTB 80 kg/cm2 dan y = 86,45e-0.00x pada CTB110 kg/cm2.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Material berbutir, CBR, Bisar, Umur pelayanan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 06:26 |
Last Modified: | 04 Dec 2012 06:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21754 |
Actions (login required)
View Item |