Analisis Dinding Penahan Pada Tanah Pasir Dengan Variasi Kedalaman Muka Air Tanah Berdasarkan Prinsip Probabilitas

Purnama Sari, Ditha Ayu (2012) Analisis Dinding Penahan Pada Tanah Pasir Dengan Variasi Kedalaman Muka Air Tanah Berdasarkan Prinsip Probabilitas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (439kB)

Abstract

Dinding penahan tanah adalah suatu konstruksi bangunan yang dibangun untuk menstabilkan tanah yang ditimbulkan oleh tanah urug atau tanah asli yang labil. Model deterministik hanya menggunakan satu nilai propertis tanah tertentu yang dianggap mewakili, sedangkan konsep probabilitas memakai semua data propertis tanah yang ada mengakomodasi setiap variasi yang terjadi. Karena konsep deterministik dianggap kurang teliti, maka dalam tugas akhir ini memakai prinsip probabilitas. Tugas akhir ini akan membahas tentang analisa stabilitas dinding penahan tanah dengan membandingkan perhitungan manual dan perhitungan prinsip probabilitas dengan menggunakan data CPT diambil dengan jenis tanah pasir di Sungai Jamuna, Bangladesh dengan kedalaman 10 meter. Tahap pengerjaan, pertama mengkonversikan ketahanan ujung konus (qc) dari data CPT ke dalam sudut gesek dalam yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode statistik untuk menentukan distribusi frekuensinya, yaitu : distribusi normal, gamma, beta, dan log-normal yang dianalisis dengan program MATLAB dan memastikan parameter statistik seperti mean, standar deviasi dan koefisien variasi. Pengujian kesesuaian distribusi frekuensi menggunakan metode Uji Chi-Kuadrat. Kemudian membandingkan perhitungan manual dan perhitungan prinsip probabilitas dengan menggunakan program Crystal Ball. Dengan dua variasi dinding penahan tanah, yaitu variasi I dengan muka air tanah 1 meter di bawah permukaan tanah dan variasi II dengan muka air tanah 3 meter di bawah permukaan tanah. Hasil yang diperoleh dari analisis adalah nilai distribusi yang paling mewakili data sondir adalah pada distribusi normal dengan nilai χ² best fit distribution sebesar 1,2277. Dari hasil analisis dengan metode manual dan analisis program Crystal Ball, nilai angka keamanan pada variasi dinding penahan I dengan muka air tanah 1 meter Fgs = 0,8864; Fgl = 1,8747; dan F daya dukung (Hansen&Vesic) = 2,2285 (manual) dan pada variasi dinding penahan II dengan muka air tanah 3 meter sebesar Fgs = 1,1463; Fgl = 2,6429; dan F daya dukung (Hansen&Vesic) = 3,8763 (manual).. Dari hasil perhitungan Crystal Ball dengan F> 1 adalah variasi I Fgs = 4,23%, Fgl = 100% dan F daya dukung (Hansen&Vesic) = 99,66% dan variasi II Fgs = 87,84%, Fgl = 100% dan F daya dukung (Hansen&Vesic) = 100%. Dari hasil di atas kedua variasi dinding penahan tidak aman terhadap penggeseran, penggulingan dan terhadap daya dukung baik dari perhitungan metode manual maupun analisis program Crystal Ball.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CPT, Stabilitas Penggeseran, Stabilitas Penggulingan, Stabilitas Keruntuhan terhadap Daya Dukung, Hansen & Vesic, MATLAB 7, Crystal Ball
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2012 08:03
Last Modified: 03 Dec 2012 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21708

Actions (login required)

View Item View Item