Analisis Hubungan Antara Profesionalisme Dengan Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Semarang)

SUDRAJAD, ASEF (2012) Analisis Hubungan Antara Profesionalisme Dengan Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (239kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (753kB)

Abstract

Auditor independen adalah auditor profesional yang menyediakan jasanya kepada masyarakat umum terutama dalam bidang audit atas laporan keuangan yang dibuat oleh kliennya. Tugas seorang auditor adalah memeriksa dan memberikan opini terhadap kewajaran laporan keuangan suatu entitas usaha berdasarkan standar yang ditentukan IAI. Salah satu tanggung jawab auditor adalah menentukan pertimbangan tingkat materialitas laporan keuangan kliennya. Pertimbangan materialitas auditor dipengaruhi oleh beberapa faktor,. Salah satu faktor internal yang sangat penting peranannya dalam menentukan pertimbangan materialitas auditor adalah profesionalisme auditor. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan survey secara langsung melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik yang ada di Propinsi Jawa Tengah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode pemilihan sampel probabilitas, yang berupa simple random sampling.. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada hasil uji t terlihat semua variabel bebas yaitu Pengabdian Profesi, Kewajiban Sosial, Kebutuhan Untuk Mandirian, Keyakinan Profesi, Hubungan Sesama profesi sangat berpengaruh signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas dan pada determinasi variabel bebas dalam mempengaruhi materialitas adalah sebesar 66,5 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kebutuhan untuk Mandiri, Hubungan dengan Sesama Profesi, Keyakinan terhadap Peraturan Profesi, Pertimbangan Tingkat Materialitas.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2012 06:46
Last Modified: 29 Nov 2012 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item