Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Dan Rasio Non Keuangan Terhadap Kebijakan Dividend Payout Ratio(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listed Di Bei Periode 2008-2010)

HIDAYAT, SULHAN FARIS (2012) Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Dan Rasio Non Keuangan Terhadap Kebijakan Dividend Payout Ratio(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listed Di Bei Periode 2008-2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (676kB)

Abstract

Dividen adalah pembagian laba kepada para pemegang saham oleh perusahaan. Pembagian laba dividen yang akan dibagikan kepada para pemegang saham tergantung dari kebijakan masing – masing perusahaan. Oleh karena itu, dalam menentukan kebijakan dividen seorang manajer perlu mempertimbangkan faktor – faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen. Penelitian ini akan menguji pengaruh rasio keuangan liquiditas, profitabilitas, growth dan pengaruh rasio non keuangan firm size, insider ownership, instituonal ownership terhadap kebijakan dividend payout ratio. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel sebanyak 10 perusahaan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dengan jangka waktu penelitian 2008-2010,data diperoleh dari Indonesian Capital Marketing Directory. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan t statistik untuk menguji koefisien regresi parisal serta F statistik untuk menguji ketepatan model. Selain itu sebelumnya juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji Normalitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas, dan uji Autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk digunakan model regresi linear berganda. Dari hasil analisis menunjukkan hasil bahwa variabel Liquiditas dan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividend payout ratio.Variabel Growth menunjukan pengaruh negatif dan signifikan terhadap dividend payout ratio. Variabel Firm size berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap dividend payout ratio. Variabel insider ownership menunjukan pengaruh negatif dan signifikan terhadap dividend payout ratio dan variabel instituonal ownership berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap dividend payout ratio. Dan hasil estimasi regresi menunjukkan kemempuan prediksi dari semua variabel tersebut terhadap dividend payout ratio sebesar 53,7%.Sedangkan sebanyak 46,3% masih banyak dipengaruhi variabel lain diluar model yang belum dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Liquiditas, Profitabilitas, Growth, Firm Size, Insider ownership,Instituonal ownership, Dividend payout ratio
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2012 06:07
Last Modified: 29 Nov 2012 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21657

Actions (login required)

View Item View Item