Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Trimulyo 01 Kecamatan Juwana Pati Tahun 2012 / 2013

Kristiawati , Nuning (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Trimulyo 01 Kecamatan Juwana Pati Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL_SKRIPSI_NUNING_KRISTIAWATI_2012.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_NUNING.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar IPA melalui strategi pembelajaran kontekstual. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Trimulyo 01 yang berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Prosedur penelitian meliputi pra siklus, siklus I dan Siklus II, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas belajar siswa. Dilihat dari pra siklus siswa yang aktif ada 4 anak atau 19%, siswa yang sedang ada 9 anak atau 43%, siswa yang tidak aktif ada 8 anak atau 38%, pada siklus I siswa yang aktif ada 12 anak atau 57%, siswa yang sedang ada 7 anak atau 33%, siswa yang kurang aktif ada 2 anak atau 10% dan pada siklus II siswa yang aktif ada 20 anak atau 95%, siswa yang sedang ada 1 anak atau 5% dan siswa yang kurang aktif tidak ada. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran konstektual mampu meningkatkan kualitas belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Trimulyo 01.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, kualitas-belajar, strategi- pembelajaran, kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 10:37
Last Modified: 28 Nov 2012 13:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21627

Actions (login required)

View Item View Item