Zubaidah, Zubaidah (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas II Semester 1 SD Negeri Kayen 05 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
PERSETUJUAN_&_dftar_isi.pdf Download (289kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran I)
DATA_SISWA_KELAS_II_SDN_05_KAYEN.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Lampiran II)
lampiran_gambar.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran III)
lembar_wawancara_bu_zub.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Lampiran IV)
RPP_Siklus_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
PDF (Lampiran V)
RPP_Siklus_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa, Melalui Model Pembelajaran Tematik. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 05 Kayen yang berjumlah 36 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika. Adapun peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam membaca, menulis dan berhitung yang meningkat dalam keaktifan belajar pada siklus I sebesar 55,5% atau 20 Siswa dan pada siklus II sebesar 88,8% atau 32 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan media realita mampu meningkatkan kualitas belajar matematika pada siswa kelas II semester satu SD Negeri Kayen 05, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan ,belajar matematika, model pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 09:52 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 13:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21617 |
Actions (login required)
View Item |