Jannah, Marinda Dhian Nur (2012) Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Penyederhanaan Pecahan dalam Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Mojo 04 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (552kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
|
PDF (lampiran)
09._Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (546kB) |
Abstract
penggunaan alat peraga bangun datar. Subyek Penelitian adalah guru dan siswa SD Negeri Mojo 04 yang berjumlah 29 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melaui observasi dan tes. Teknik analisis menggunakan teknik komparatif dan interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman penyederhanaan pecahan siswa. Adapun hasil peningkatan pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam penyederhanaan pecahan yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam penyederhanaan pecahan sebesar 70% atau 18 siswa dan pada siklus II presentase hasil belajar sebesar 87,54% atau 25 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode penggunaan alat peraga bangun datar mampu meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman penyederhanaan pecahan, metode penggunaan alat peraga bangun datar, penyederhanaan pecahan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 09:14 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 09:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21615 |
Actions (login required)
View Item |