Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Pendekatan Pembelajaran Inquiri Pada Siswa Kelas V Semester I SDN Sundoluhur 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Murtiningsih, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Pendekatan Pembelajaran Inquiri Pada Siswa Kelas V Semester I SDN Sundoluhur 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (382kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar dalam pembelajaran IPA melalui metode Inquiri. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sundoluhur 02 yang berjumlah 15 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan catatan observasi yang berupa chek list. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dan 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dan empat tahap, yaitu:perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya penmgkatan dalam motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dan perolehan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA yang meningkat dan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam motivasi belajar pembelajaran IPA 73% atau 10 siswa dan pada siklus II sebesar 86% atau 13 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Inquiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA, Inquiri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:58
Last Modified: 28 Nov 2012 08:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21613

Actions (login required)

View Item View Item