Peningkatan Keberanian Berbicara Dalam Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Tematik dengan Media Gambar Cerita Pada Siswa Kelas II Semester I SD Negeri Sukolilo 05 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Sutini, Sutini (2012) Peningkatan Keberanian Berbicara Dalam Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Tematik dengan Media Gambar Cerita Pada Siswa Kelas II Semester I SD Negeri Sukolilo 05 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._halaman_depan.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (274kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_publikasi.pdf

Download (484kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru memilih dan menggunakan metode pembelajaran tematik dan media gambar cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian berbicara dalam Bahasa Indonesia melalui pembelajaran tematik dengan media gambar cerita. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD N Sukolilo 05 yang berjumlah 15 siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan, rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian sendiri dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keberanian berbicara siswa. Keberhasilan tersebut dapat terlihata dari adanya peningkatan prosentase kriteria keberanian dari tahap pra siklus, siklus I hingga siklus II. Pada tahap pra siklus menunjukkan persentase yang rendah yaitu 40% saja yang sudah memenuhi kriteria. Pada siklus I ada peningkatan sebesar 20% menjadi 60% dari siswa yang memenuhi kriteria keberanian dan pada siklus akhir sebanyak 13 siswa atau 87% dari siswa sudah memenuhi kriteria keberanian. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan pembelajaran tematik dengan media gambar cerita dapat meningkatkan keberanian berbicara pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keberanian berbicara dalam belajar bahasa indonesia, pembelajaran tematik dengan media gambar cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:51
Last Modified: 28 Nov 2012 08:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21612

Actions (login required)

View Item View Item