Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Matematika Melalui Metode Demonstrasi dengan Pemanfaatan Media Kelas IV SD Negeri Ngepungrojo 02 Tahun 2012/2013

Yustiana, Yustiana (2012) Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Matematika Melalui Metode Demonstrasi dengan Pemanfaatan Media Kelas IV SD Negeri Ngepungrojo 02 Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03-Halaman__Depan.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04-Bab_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
05-Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
06-Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
07-Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab V)
08-Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran)
10-lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02-naskah_publikasi_new.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang penjumlahan bilangan bulat pada pembelajaran matematika dengan melalui metode demonstrasi dan pemanfaatan media pada siswa kelas IV SD Negeri Ngepungrojo 02 Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Adapun jumlah siswa yang ada di kelas IV saat ini adalah 29 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan metode tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk Uji Krediblitiy, Uji Transferablitity, Uji Dependability, dan Uji Konfirmability. Teknik analisis data dengan menggunakan 3 komponen yaitu : Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing (Verifikasi) atau kesimpulan. Prosedur penelitian ini meliputi tahap : identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang penjumlahan bilangan bulat. Peningkatan pemahaman siswa tersebut dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diperoleh dari pada kegiatan pembelajaran prasiklus siswa yang tuntas 6 orang (21%), yang belum tuntas 23 orang (79%), pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu 29 siswa mengalami ketuntasan atau 100% tuntas, dan tidak ada satupun siswa yang belum tuntas. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dan penggunaan media dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri Ngepungrojo 02 Kecamatan Pati Kabupaten Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, media pembelajaran, pemahaman siswa, ketuntasan belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:37
Last Modified: 28 Nov 2012 08:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21609

Actions (login required)

View Item View Item