Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bangkok Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Murtafi’ah, Umi (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bangkok Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (715kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar PUstaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika Konsep Pecahan melalui strategi pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV SDN Bangkok Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bangkok, Karanggede Boyolali yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi pembelajaran Quantum Teaching. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Matematika pada siswa kelas IV SDN Bangkok kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 80% dari jumlah keseluruhan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Konsep Pecahan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah hanya 9 (30%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Quantum Teaching siklus I meningkat menjadi 23 siswa (77%) dan 28 siswa (93%) pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika “Konsep Pecahan” pada siswa kelas IV SDN Bangkok Tahun Pelajaran 2012/2013”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Quantum Teaching, Keaktifan Belajar, Konsep Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 05:36
Last Modified: 28 Nov 2012 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21589

Actions (login required)

View Item View Item