Ristiana, Ristiana (2012) Upaya Meningkatkan Kreatifitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Melalui Metode Student Teams Achievement Division (Stad) Dengan Media Variatif Pada Siswa Kelas V Semester I Sd Negeri Baturejo 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (813kB) |
|
|
PDF (BAB I)
4._BAB_I.pdf Download (279kB) |
|
PDF (BAB II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (BAB III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (BAB IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
PDF (BAB V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
|
PDF (Lampiran )
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (814kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas belajar IPS menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dengan media variatif. STAD merupakan metode tentang pengaturan kelas dan bukan metode pengajaran komprehensif untuk subjek tertentu. Guru dapat menggunakan pelajaran dan materi mereka sendiri. Tujuan utama dari kelompok belajar siswa adalah mempercepat pemahaman semua siswa. Pengaruh metode ini positif bagi siswa yang pintar, sedang maupun yang kurang pintar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD N Baturejo 02 yang berjumlah 8 siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan, rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian sendiri dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas belajar siswa. Keberhasilan tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan persentase kriteria kkratifitas dari tahap pra siklus, siklus I hingga siklus II. Pada tahap pra siklus menunjukkan persentase yang rendah yaitu 37,5% saja yang sudah memenuhi kriteria. Pada siklus I ada peningkatan sebesar 25% menjadi 62,5% dari siswa yang memenuhi kriteria kreatifitas dan pada siklus akhir sebanyak 7 siswa atau 87,5% dari siswa sudah memenuhi kriteria kreatifitas. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode STAD menggunakan media variatif dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa kelas V SD N Baturejo 02.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreatifitas belajar IPS, metode STAD (Student Teams Achievement Division), media variatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 15:15 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 15:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21585 |
Actions (login required)
View Item |