Peningkatan Kreatifitas Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas Iv Semester I Sdn Sundoluhur 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun 2012/2013

Sukowati, Sukowati (2012) Peningkatan Kreatifitas Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas Iv Semester I Sdn Sundoluhur 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan )
1.__Halaman_depan_cover_dll.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
2._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (BAB II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (BAB III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (BAB IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (BAB V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
7._daftar_pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran )
8._LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.__NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (535kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kreatifitas dalam matematika melalui metode Quantum Learning. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sundoluhur 02 yang berjumlah 14 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan catatan observasi yang berupa chek list. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripstif kualitatif yang terdiri dan 4 komponen, yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dan empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kreatifitas siswa dalam matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dan perolehan kreatifitas siswa dalam matematika yang meningkat dan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam kreatifitas matematika 79% atau 11 siswa dan pada siklus II sebesar 86% atau 12 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Quantum Learning mampu meningkatkan kreatifitas siswa dalam matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas siswa dalam Matematika, Quantum Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2012 13:58
Last Modified: 27 Nov 2012 13:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item