Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Widiastuti, Isrina Endang (2012) Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (738kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I )
03._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, kemampuan menghitung volume bangun ruang peserta didik kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kontekstual. Subyek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Garangan yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observsi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan pendekatan kontekstual kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 80% dari 25 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menghitung volume bangun ruang siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan pembelajaran kontekstual sebanyak 9 anak (36%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan pembelajaran kontekstual pada siklus I kemampuan menghitung volume bangun ruang siswa meningkat menjadi 17 anak (68%) dan pada siklus II meningkat menjadi 22 anak (88%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menghitung, Volume bangun ruang, pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2012 13:00
Last Modified: 27 Nov 2012 13:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21575

Actions (login required)

View Item View Item