Ismail, Ismail (2012) Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Make A Match Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI Semester I SDN 1 Jungkare, Karanganom, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (846kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (449kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Jungkare Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 dalam menghitung luas segi banyak dengan pembelajaran yang menggunakan metode make a match atau mencari pasangan. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah menyusun perencanaan pelaksanaan tindakan, melakukan observasi, melaksanakan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, test, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah interaktif deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai aktifitas pada siklus I yaitu 64,6%, hasil postes pada siklus I yaitu 67,90. Pada Siklus II diperoleh rata-rata nilai aktifitas siswa yaitu 73,8%, hasil pada siklus II yaitu 74,61. Pada siklus III diperoleh rata-rata nilai aktifitas siswa yaitu 90,7%, hasil postes pada siklus III yaitu 89,23. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode make a match atau mencari pasangan itu dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika, serta hasil belajar pada siswa kelas VI SDN 1 Jungkare, Karanganom, Klaten dengan memberi penguatan dan memberi kesempatan siswa lebih berpartisipasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktifitas, hasil belajar, Make a match, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 07:51 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 07:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21555 |
Actions (login required)
View Item |