Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas III Semester Gasal Sekolah Dasar Negeri Gemampir Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Wardani, Niken Tri (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas III Semester Gasal Sekolah Dasar Negeri Gemampir Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (332kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi picture and picture pada siswa kelas III di SD N Gemampir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Gemampir yang berjumlah 30 siswa dengan jumlah anak laki-laki 19 dan perempuan 11. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, evaluasi (tes) dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan strategi picture and picture pada pembelajaran IPA terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Gemampir. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebelum adanya perlakukan/prasiklus nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55 dengan kategori rendah. Kemudian setelah diberi perlakuan melalui siklus I, nilai rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 56,67. Pada siklus II nilai prestasi belajar siswa sebesar 68,67 dengan kategori baik sehingga mencapai tingkat ketuntasan 83,33%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi picture and picture, dapat meningkatkan hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 12:07
Last Modified: 23 Nov 2012 12:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21528

Actions (login required)

View Item View Item