Wardani, Niken Tri (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas III Semester Gasal Sekolah Dasar Negeri Gemampir Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (332kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi picture and picture pada siswa kelas III di SD N Gemampir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Gemampir yang berjumlah 30 siswa dengan jumlah anak laki-laki 19 dan perempuan 11. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, evaluasi (tes) dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan strategi picture and picture pada pembelajaran IPA terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Gemampir. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebelum adanya perlakukan/prasiklus nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55 dengan kategori rendah. Kemudian setelah diberi perlakuan melalui siklus I, nilai rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 56,67. Pada siklus II nilai prestasi belajar siswa sebesar 68,67 dengan kategori baik sehingga mencapai tingkat ketuntasan 83,33%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi picture and picture, dapat meningkatkan hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 12:07 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 12:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21528 |
Actions (login required)
View Item |