Haryantiningsih, Haryantiningsih (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Alat Peraga Gambar Kelas IV SD Negeri 3 Gempol Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 (PTK Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Gempol Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (801kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I_HARYANTININGSIH_2012.pdf Download (60kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II_HARYANTININGSIH_2012.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III_HARYANTININGSIH_2012.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV_HARYANTININGSIH_2012.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V_HARYANTININGSIH_2012.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_HARYANTININGSIH_2012.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH_SKRIPSI_HARYANTININGSIH_2012.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pemahaman materi pembelajaran IPA kelas IV, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui alat peraga gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, kajian dokumen, dan tes. Sedangkan langkah pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi itu berkesinambungan. Hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata kelas meningkat yaitu pada awal sebelum tindakan PTK sebesar 53,00 dan setelah dilaksanakan PTK pada siklus I nilai-rata-rata menjadi 67,33 dengan KKM 65, rata-rata siswa sudah berada di atas KKM, namun ada 6 siswa yang nilainya masih di bawah KKM, sedangkan pada siklus II rata-ratanya menjadi 78,67, namun masih ada 2 siswa yang nilainya masih di bawah KKM, (2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan yaitu sebelum diadakan PTK adalah 33,33% meningkat menjadi 60,00% pada siklus I sedangkan pada siklus II menjadi 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan alat peraga gambar dapat meningkatkan kemampuan materi bagian-bagian dan fungsi panca indera manusia dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dan nilai siswa peningkatan rata-rata nilai siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat peraga gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 11:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 13:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21518 |
Actions (login required)
View Item |