Murni, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa Pada Materi Peta Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
|
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf Download (22kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (BSB V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keberanian bertanya IPS materi peta melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Delanggu KlatenTahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten beserta guru kelas IV sebagai partner kolaborasi dan peneliti sebagai perancang dan pelaku tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, test.Teknik analisis data menggunakan Triangulasi data dan Trianggulasi metode.Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keberanian bertanya siswa pada materi peta dengan modelpembelajaran jigsaw siswa kelas IV, peningkatan bertanya siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa dari sebelum tindakan, siklus I hingga siklus II. Sebelum tindakan jumlah siswa yang berani bertanya sebanyak 17,64% dari jumlah siswa kelas IV meningkat 35,5% pada siklus I menjadi 52,94%, pada siklus II siswa yang berani bertanya sebanyak 82,35% atau meningkat sebesar 29,41% dari siklus I.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keberanian bertanya siswa materi peta mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kepanjen Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran jigsaw, keberanian bertanya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 11:11 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 13:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21507 |
Actions (login required)
View Item |