Madenar, Arfianta (2012) Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Kreativitas Siswa Melalui Pendekatan Jigsaw Di Kelas IV SDN 1 Towangsan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Kalimat Utama Pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (317kB) |
|
|
PDF (BAB I)
4._BAB_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (BAB II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (BAB III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (BAB IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (BAB V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN...pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kreativitas siswa pada proses pembelajaran dalam menentukan kalimat utama pada paragraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode jigsaw bagi siswa siswa kelas IV SDN 1 Towangsan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Variabel yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah aktivitas dan kretifitas siswa dalam menentukan kalimat utama pada paragraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jigsaw. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan di kelas IV SDN 1 Towangsan, Gantiwarno dengan jumlah siswa 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode jigsaw terdapat peningkatkan aktivitas dan kreativitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi kalimat utama siswa kelas IV SDN 1 Towangsan, Gantiwarno, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas dan kreativitas siswa pada setiap siklusnya, yaitu: pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria aktif ada 20 siswa, cukup aktif ada 8 siswa meningkat menjadi siswa yang memenuhi kriteria aktif 25 siswa, dan cukup aktif ada 3 siswa pada siklus II. Sedangkan kreativitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I siswa dalam kriteria kreatif ada 16 siswa, cukup kreatif 9 siswa, dan kurang kreatif ada 3 siswa meningkat menjadi kriteria kreatif ada 22 siswa, cukup kreatif 6 siswa, dan kurang kreatif ada 1 siswa. Dengan demikian, melalui metode jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas pada siswa kelas IV SDN 1 Towangsan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode jigsaw, aktivitas, kreativitas, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 10:58 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 14:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21502 |
Actions (login required)
View Item |