Penggunaan Strategi Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Tentang Struktur Daun Dan Fungsi Daun Pada Siswa Kelas IV Semester Gasal SD Negeri 1 Kranggan Polanharjo Klaten Tp 2012/ 2013

MUJININGSIH, MUJININGSIH (2012) Penggunaan Strategi Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Tentang Struktur Daun Dan Fungsi Daun Pada Siswa Kelas IV Semester Gasal SD Negeri 1 Kranggan Polanharjo Klaten Tp 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (658kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1Kranggan, Polanharjo,Klaten melalui penerapan strategi group investigation. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi sistem penelitian meliputi empat tahap kegiatan, dimulai dari tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan observasi dan tahap refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus kegiatan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis data observasi selama proses pembelajaran berlangsung dengan indikator mendengarkan guru, mencatat penjelasan guru, memperhatikan media gambar, diskusi antar siswa, bertanya dalam diskusi, menjawab pertanyaan dalam diskusi, siswa bersemangat untuk belajar, siswa melakukan pengamatan dalam lingkungan, kerjasama antar siswa dalam kelompok, peran serta siswa dalam kelompok kerja, menjawab pertanyaan guru, bertanya pada guru dan membuat ringkasan pelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan : Penerapan strategi group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV semester gasal SD Negeri 1 Kranggan. Hal ini dilihat dari prosentase kenaikan hasil observasi terhadap siswa kelas IV dari siklusI sampai Siklus II. Pada siklus I siswa terutama pada indikator siswa bersemangat untuk belajar prosentasenya hanya 50% sedangkan pada kegiatan siklus 2 prosentasenya mencapai 95%, sehingga dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 45%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Group Investigation, MotivasiBelajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:50
Last Modified: 23 Nov 2012 14:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item