Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 2 Carikan Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Muriawan, Muhammad Ismail (2012) Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 2 Carikan Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04_BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (BAB II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAB III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (BAB IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] PDF (BAB V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inonvasi). Dengan adanya inovasi tersebut di atas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitarnya. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan kemampuan mambeca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa Kelas VI SDN 2 Carikan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Tahun Pelajaran 2012/2013? (b) Bagaimanakah penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas VISDN 2 Carikan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Tahun Pelajaran 2012/2013? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengeta hui peningkatan kemampua n membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Carikan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil ana lis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (59,1%) dan siklus II (90,9%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN 2 Carika n, kecamatan Juwiring, kabupaten Klaten, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Pembelajaran Tutor Sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:44
Last Modified: 23 Nov 2012 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item