Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Melalui Metode Stad Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Gantiwarno Tahun Pelajaran 2012/2013

Wahyunto, Muh (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Melalui Metode Stad Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Gantiwarno Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (BAB II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (BAB III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (BAB IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (BAB V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas IVA SD Muhammadiyah Gantiwarno Klaten semester I tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK) dengan prosedur kerja yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika hasil belajar atau ketuntasan belajar telah mencapai 85% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa-siswi kelas IVASD Muhammadiyah Gantiwarno Klaten yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan test. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan validitasi yaitu dengan menyesuaikan butir soal yang diujikan dengan indikator pembelajaran dalam RPP. Analisis data yang digunakan untuk hasil belajar adalah analisis diskriptif komparatif yang berpedoman pada hasil observasi dan refleksi tiap siklus yaitu dengan membandingkan nilai tes akhir siklus 1dan nilai tes akhir siklus 2. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan angka ketuntasan dan hidupnya suasana kelas. Nilai rata-rata kelas yang semula 63,8 pada pra tindakan menjadi 70,7 pada siklus I. Peningkatan dari siklus I ke siklus II meningkat dari 70,7 menjadi 73,4. Dengan demikian dapat ditarik simpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa SD Muhammadiyah Gantiwarno Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran model STAD, Matematika, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Nov 2012 12:05
Last Modified: 22 Nov 2012 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21457

Actions (login required)

View Item View Item