FUADI, ARSYAN (2012) Hubungan Persepsi Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Komunikasi Interpersonal Antara Remaja Dan Orang Tua. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (321kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_versi_2007.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_TOTAL.pdf Download (124kB) |
Abstract
Komunikasi dalam keluarga merupakan bentuk komunikasi yang paling ideal karena terdapat hirarki antara orang tua dan anak yang tidak menyebabkan formalitas komunikasi di antara mereka. Setiap keluarga sangat menginginkan adanya komunikasi interpersonal yang baik. Komunikasi yang tidak ada batasan formal antara anak dan orang tua maupun sebaliknya sehingga suatu masalah dapat terselesaikan dengan baik dan terdapat keterbukaan antara orang tua dengan anak (remaja). Akan tetapi, kondisi yang sering dijumpai adalah tidak semua keluarga memiliki komunikasi yang ideal. Hal tersebut terbukti bahwa sebagian besar orangtua cenderung suka melarang dan tidak mau terbuka saat anak ingin memberikan pendapatnya atau bahkan ada pula orangtua yang cenderung membiarkan anak melakukan apa yang mereka suka. Namun, semua permasalahan tersebut dapat teratasi dengan penerapan pola asuh orang tua yang tepat sehingga dapat meminimalisir masalah remaja tersebut. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui 1) hubungan antara persepsi pola asuh demokratis orangtua dengan komunikasi interpersonal remaja; 2) seberapa besar tingkat persepsi pola asuh demokratis orangtua; 3) seberapa besar tingkat komunikasi interpersonal remaja; 4) seberapa besar peran persepsi pola asuh demokratis terhadap komunikasi interpersonal remaja. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi remaja terhadap pola asuh demokratis orang tua dengan komunikasi interpersonal antara remaja dan orang tua. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Surakarta yang berjumlah 93 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala persepsi pola asuh demokratis orang tua dan skala komunikasi interpersonal remaja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment. Berdasarkan hasil perhitungan product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,860 ; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signigikan antara persepsi pola asuh demokratis orang tua dengan komunikasi interpersonal remaja pada siswa SMA Negeri 7 Surakarta. Sumbangan efektif persepsi pola asuh demokratis orang tua terhadap komunikasi interpersonal remaja sebesar 74 % ditunjukkan oleh koefisien determinan (r²) sebesar 0,740. Variabel komunikasi interpersonal remaja memiliki rerata empirik 192,151 dan rerata hipotetik sebesar 152,5 yang berarti komunikasi interpersonal remaja pada siswa SMA Negeri 7 Surakarta tergolong tinggi. Variabel persepsi pola asuh demokratis orang tua pada siswa SMA Negeri 7 Surakarta memiliki rerata empirik 212,452 dan rerata hipotetik sebesar 165 yang berarti persepsi pola asuh demokratis orang tua pada siswa SMA Negeri 7 Surakarta tergolong tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi pola asuh demokratis orang tua, komunikasi interpersonal. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 11:49 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 11:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21451 |
Actions (login required)
View Item |