Yatini, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten Semester I Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (431kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
01._JURNAL_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan balok kelompok B di TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek penelitian adalah 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan kelompok B TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kemampuan kognitif dan data tentang prosedur pembelajaran permainan balok. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui permainan balok dan mengamati tindakan guru saat menerapkan permainan balok dan catatan lapangan digunakan untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mencatat semua kejadian yang terjadi diluar perencanaan atau pencatatan permasalahan-permasalahan yang muncul pada waktu dilaksanakan kegiatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil amatan dengan indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III dan analisis interaktif untuk mengetahui pembelajaran melalui permainan balok. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di TK Tambakboyo Pedan Klaten mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil prosentase prasiklus 38,33%, siklus I mencapai 53,54 %, siklus II mencapai 66,45 %, dan pada siklus III mencapai 77,70%. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kognitif, permainan, balok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 11:41 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 13:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21447 |
Actions (login required)
View Item |