Peningkatan Ketrampilan Mendeskripsi Secara Tertulis Dengan Penerapan Model Kontekstual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii Sd Klumpit Tlogowungu Pati Tahun 2012

FATIN , FATIN (2012) Peningkatan Ketrampilan Mendeskripsi Secara Tertulis Dengan Penerapan Model Kontekstual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii Sd Klumpit Tlogowungu Pati Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
08._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
07.__BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Namun, siswa kurang maksimal dalam mendeskripsi secara tertulis sehingga menjadi masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Klumpit Tlogowungu Pati. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan Bahasa Indonesia dalam mendeskripsi secara tertulis dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas II SD Klumpit Tlogowungu Pati yang berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap : identifikasi masalah, persiapan, dan penyusunan rencana tindakan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing Siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan ketrampilan bahasa Indonesia dalam mendeskripsi secara tertulis dapat dilihat dari perolehan nilai siswa, yaitu prosentase sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 28 %, Siklus I pertemuan I 48 %, Siklus I pertemuan II 71 %, dan pada Siklus II 86 %. Pendekatan kontekstual dapat meningkatakan ketrampilan dalam mendeskripsi secara tertulis dalam pembelajaran yang terlihat dari kesungguhan siswa mengerjakan tugas, kerjasam dalam kelompok, keceriaan siswa saat pembelajaran, serta ketrampilan guru dalam menyampaikan materi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontektual, ketrampilan mendeskripsi secara tertulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:34
Last Modified: 22 Nov 2012 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21445

Actions (login required)

View Item View Item