Meningkatkan Aktivitas belajar IPA dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SD Kanisius Pati 02

RAHADI , SRI (2012) Meningkatkan Aktivitas belajar IPA dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SD Kanisius Pati 02. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (783kB)

Abstract

Pembelajaran yang berlandaskan aktivitas siswa perlu dilakukan, karena anak pada dasarnya mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, ditandai oleh kecenderungan heran dan kagum pada hal-hal yang baru dan menantang. Selain itu belajar haruslah merupakan proses penemuan dan membangun pengertian melalui persepsi, pikiran, dan perasaan oleh pembelajar sendiri. Dengan cara demikian siswa dilatih untuk menggunakan pemikirannya secara kritis, mandiri, dan bertanggung jawab. (Purnomo. 2006: 2). Demikian juga dengan pembelajaran IPA. Namun aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA di SD Kanisius Pati 02 masih rendah. Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa hanya mendengrkan penjelasan dari guru. Untuk mengatasi rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA maka peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads together. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 26 siswa kelas IV SD Kanisius Pati 02 Tahun Pelajaran 2012/2013. Aspek yang menjadi indikator dari penelitian ini adalah mengemukakan ide dengan konsep yang benar, menyanggah konsep yang salah, menyetujui konsep yang salah, meyetujui konsep yang benar, dan bertanya, serta peningkatan hasil belajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penilitian deskriptif kuantitatif. Bentuk instrumen dalam penelitian ini berupa tes kinerja dan tes hasil belajar. Data yang diperlukan dala penelitian ini berupa hasil observasi langsung terhadap aktivitas siswa dan hasil evaluasi dalam pembelajaran IPA. Setelah peneliti menggunakan strategi kooperatif learning teknik number heads together maka keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di SD Kanisius Pati 02 Tahun Pelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus yang menunjukkan peningkatan menjadi 77%. Apabila dibandingkan dengan kondisi awal sebesar 35,6% terjadi peningkatan sebesar 31,4%. Hal itu juga diikuti peningkatan hasil belajar siswa. Pencapaian ketuntasan adalah 84,6% sedangkan pada kondisi awal adalah 46,2%. Terjadi peningkatan sebesar 38,4%. Penggunaan strategi kooperatif learning teknik number heads together terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas IV SD Kanisius Pati 02 sekaligus meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:53
Last Modified: 22 Nov 2012 14:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21432

Actions (login required)

View Item View Item