Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di TK ‘Aisyiyah Ba Jimbung II Tahun Ajaran 2012/ 2013.

Basirotun, Basirotun (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di TK ‘Aisyiyah Ba Jimbung II Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui bercerita gambar seri pada anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Jimbung II. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik Kelompok B TK ABA Jimbung II Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013 sebanyak 20 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kompratif dengan analisis terhadap proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui becerita gambar seri anak kelompok B di TK ABA Jimbung II dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak yang hanya mencapai 42,18% pada pra siklus menjadi 59,84% pada siklus I dan meningkat menjadi 77,81% pada siklus II. Hal ini juga terlihat dari bertambahnya jumlah anak yang kemampuan berbahasanya berkembang dengan baik yaitu dari 9 anak pada waktu pra siklus menjadi 12 anak pada siklus I dan 15 anak pada siklus II. Dengan demikian bercerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak Kelompok B di TK ABA Jimbung II Tahun Ajaran 2012/ 2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa Bercerita Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:06
Last Modified: 22 Nov 2012 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21421

Actions (login required)

View Item View Item