Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Permainan Kartu Angka Pada Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Nuryati, Nuryati (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Permainan Kartu Angka Pada Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dengan permainan kartu angka pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Negeri Pembina Klaten yang berjumlah 16 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran kemampuan anak. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Klaten melalui permainan kartu angka. Sebelum tindakan, kemampuan berhitung permulaan hanya dimiliki oleh 5 anak (31,25%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan permainan kartu angka pada siklus I kemampuan berhitung permulaan meningkat menjadi 8 anak (50%), dan siklus II meningkat menjadi 12 anak (75%). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka melalui permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK Negeri Pembina Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarann ya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kartu angka, berhitung permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 06:54
Last Modified: 22 Nov 2012 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21414

Actions (login required)

View Item View Item