Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Permainan Bentuk-Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Handayani, Mira (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Permainan Bentuk-Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (266kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah permainan bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui permainan, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui permainan bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok B TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelas B TK Pertiwi Sumber Trucuk tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 anak didik. Data yang diperoleh melalui observasi indikator kemampuan berhitung, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kwalitatif komparatif yaitu membandingkan hasil penelitian persiklus. Kesimpulan hasil penelitian adalah bahwa melalui permainan bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan permainan berhitung permulaan anak kelompok B TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti adanya peningkatan prosentase kemampuan berhitung permulaan anak dari pra siklus 39,15 %, Siklus I 65,51 %, Siklus II 73,33 % dan siklus III 86,66 %. Ini berarti kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan dengan metode permainan bentuk-bentuk geometri. Prosentase kemampuan berhitung permulaan anak dari pra siklus sampai siklus III meningkat 37,15 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Bentuk-bentuk Geometri, Kemampuan Berhitung Permulaan Anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2012 07:46
Last Modified: 22 Nov 2012 07:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21410

Actions (login required)

View Item View Item