Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi Bagi Siswa Kelas IV SDN Sukobubuk 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2012

Pamuji, Korina Kurniasih (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi Bagi Siswa Kelas IV SDN Sukobubuk 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (774kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematikamelalui metode resitasi bagi siswa kelas IV SDN Sukobubuk 01. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindkan Kelas). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukobubuk 01 yang berjumlah 26 siswa, dan objek penelitiannya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dakumentasi, tes dan wawancara. Triangulasi data dan metode digunakan untuk mengecek kembali keabsahan data. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 siswa yang aktif ada 3 orang dengan prosentase 12%, kurang aktif 5 orang dengan prosentase 19% dan tida aktif 18 orang dengan prosentase 69%, sedangkan pada siklus I pertemuan 2 siswa yang aktif ada 4 orang orang dengan prosentase 15%, kurang aktif 11 orang dengan prosentase 42% dan tidak aktif 11 orang dengan prosentase 42%. Pada siklus II peningkatan aktivitas siswa cukup signifikan, dimana pada pertemuan pertama ada 18 siswa yang aktif dengan prosentase 69%, 7 siswa kurang aktif dengan prosentase 27% dan 1 siswa tidak aktif dengan prosentase 4%. Sedangkan pada pertemuan ke 2 ada 23 siswa yang aktif dengan prosentase 88%, dan 3 siswa kurang aktif dengan prosentase 12%. Untuk hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 ada 12 siswa yang tutas dengan prosentase 46%, pada pertemuan 2 yang tuntas 16 siswa dengan prosentase 62%. Pada siklus II pertemuan 1 yang tuntas ada 21 siswa dengan prosentase 81% dan pada pertemuan 2 yang tuntas 23 siswa dengan prosentase 88%. Jadi dengan penerapan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Sukobubuk 01 kecamatan Margorejo kabupaten Pati tahun 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar dan metode resitasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 14:39
Last Modified: 21 Nov 2012 14:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item