Faisal, Anggi (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV SDN Giling 03 Gunungwungkal Pati Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (447kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (510kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Demonstrasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Giling 03 yang berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyaji an data, dan penarikan kesimpulan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis paragraf narasi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sebesar 71% atau 15 siswa dan pada siklus II sebesar 85% atau 18 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Demonstrasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar, metode Demonstrasi, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 13:32 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 13:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21397 |
Actions (login required)
View Item |