Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam Pada Siswa Kelompok B Di Pgtk Interaktif Harum Mulia Karanganom Klaten Tahun 2012

Imaniyah, Muchibatul (2012) Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam Pada Siswa Kelompok B Di Pgtk Interaktif Harum Mulia Karanganom Klaten Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HAL_DEPAN.pdf

Download (468kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan fisik motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan bahan alam di kelompok B PGTK Interaktif Harum Mulia Karanganom Klaten tahun 2012. Sebelum diberikan tindakan, motivasi belajar siswa dalam kegiatan fisik motorik halus kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode dan model kegiatan. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah kegiatan kolase dengan menggunakan bahan alam. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B di PGTK Interaktif Harum Mulia yang berjumlah 15 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi hasil karya anak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan fisik motorik halus melalui kegiatan kolase menggunakan bahan alam. Peningkatan kemampuan fisik motorik halus Prasiklus mencapai 55,4%, pada Siklus I mencapai 70%, pada Siklus II mencapai 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis kegiatan kolase menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fisik motorik halus, kolase bahan alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Nov 2012 12:11
Last Modified: 21 Nov 2012 12:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item