Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok B Tk Aba Sawahan Bonyokan Jatinom Tahun 2012/2013

KRISNAWATI, KRISNAWATI (2012) Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok B Tk Aba Sawahan Bonyokan Jatinom Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_Depan.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (407kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui kegiatan menggambar bebas khususnya bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak kelompok B di TK ABA Sawahan, Jatinom, Klaten Tahun 2012/2013? Tujuan yang akan dicapai adalah (1) Tujuan umum Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan visual spasial anak pada taman kanak-kanak melalui kegiatan menggambar bebas.(2) Tujuan khusus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan menggambar bebas (bentuk-bentuk geometri) pada anak kelompok B di TK ABA Sawahan, Jatinom, Klaten Tahun 2012/2013. Metode dalam penelitian yang dilakukan merupakan penelitian yang berbasis kelas kolaboratif, yaitu suatu penelitian yang bersifat praktis, situasional, dan kostektual berdasarkan permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di TK. Kepala sekolah, guru dan peneliti senantiasa berupaya memperoleh hasil yang optimal melalui cara dan prosedur yang efektif sehingga dimungkinkan adanya tindakan yang berulang-ulang dengan revisi untuk meningkatkan verbal anak. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu 1) Perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi Dengam berdasarkan pada hasil pembahasan dan melihat rumusan masalah, maka penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: melalui kegiatan menggambar bebas dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak kelompok B di TK ABA Sawahan, Jatinom, Klaten Tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari adanya kenaikan persentasi hasil kegiatan menggambar bebas dari siklus ke siklus yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 38,05% yaitu dari kondisi siklus awal 48,75% menjadi 86,8% pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Visual Spasial, Menggambar Bebas, dan B TK ABA Sawahan Bonyokan Jatinom
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:33
Last Modified: 21 Nov 2012 14:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item View Item