Raharjo, Januar Agung (2012) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Dengan Metode Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sdn 01 Jagoan Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jagoan yang berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik trianggulasi dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh sebelum tindakan banyaknya siswa yang bertanya 27,78%, menjelaskan materi 0%, memberi tanggapan 16,67%, dan mengerjakan soal secara mandiri 44,44%. Siklus I banyaknya siswa yang bertanya 38,89%, menjelaskan materi 33,33%, memberi tanggapan 22,22%, dan mengerjakan soal secara mandiri 50%. Siklus II banyaknya siswa yang bertanya 50%, menjelaskan materi 66,67%, memberi tanggapan 44,44%, dan mengerjakan soal secara mandiri 61,11%. Dan siklus III banyaknya siswa yang bertanya 72,22%, menjelaskan materi 100%, memberi tanggapan 72,22%, dan mengerjakan soal secara mandiri 88,89%. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Jagoan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 08:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 08:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21341 |
Actions (login required)
View Item |