Utami, Atik (2012) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Genengsari 03 Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf Download (583kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (512kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui cerita bergambar pada anak kelompok B di TK Genengsari 03, Polokarto, Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penerima tindakan adalah anak kelompok B. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara,catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan cerita bergambar. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan emosional anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 9,05, dengan prosentase 37,71,%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 11,23, dengan prosentase 46,78%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 15,29, dengan prosentase 63,68%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 20,35, dengan prosentase 84,77%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan cerita bergambar dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, metode cerita bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 20 Nov 2012 11:10 |
Last Modified: | 20 Nov 2012 13:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21311 |
Actions (login required)
View Item |