Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Genengsari 03 Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

Utami, Atik (2012) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Genengsari 03 Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (583kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui cerita bergambar pada anak kelompok B di TK Genengsari 03, Polokarto, Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penerima tindakan adalah anak kelompok B. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara,catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan cerita bergambar. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan emosional anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 9,05, dengan prosentase 37,71,%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 11,23, dengan prosentase 46,78%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 15,29, dengan prosentase 63,68%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 20,35, dengan prosentase 84,77%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan cerita bergambar dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, metode cerita bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:10
Last Modified: 20 Nov 2012 13:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21311

Actions (login required)

View Item View Item