Tentang Peningkatan Kemampuan Bebahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Papan Flannel Pada Anak Kelompok A Di TK Jurangjero II Klaten Tahun 2012.

Astuti , Padmi Puji (2012) Tentang Peningkatan Kemampuan Bebahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Papan Flannel Pada Anak Kelompok A Di TK Jurangjero II Klaten Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (352kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peningkatan kemampuan berbahasa anak perlu ditingkatkan, karena kemampuan berbahasa menjadi ujung pencapaian kemampuan yang lainnya, oleh karena itu pembelajaran peningkatan kemampuan berbahasa harus menarik dan menyenangkan agar kemampuan berbahasa anak dapat lebih di optimalkan. Salah satu untuk meningkatkan kemamapuan berbahasa anak adalah melalui metode bercerita dengan menggunakan media papan flannel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa anak , penelitian ini merupakan penelitian tindakkan kelas, sedangkan subjek penelitian adalah anak didik kelompok A Tk Jurangjero II, semester I tahun ajaran 2012/2013. Adapun jumlah anak didik kelompok A Tk Jurangjero II adalah 14 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti sebagai guru kelas dan Kepala Sekolah sebagai observator. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui bercerita menggunakan papan flannel. Peningkatan kemampuan berbahasa anak sebelum tindakan sampai siklus II menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakkan 32,39%, siklus I pada pertemuan 1 mencapai 36,47%, pada siklus I pertemuan 2 mencapai 42,85%, siklus II pada pertemuan 1 mencapai 63,77% dan pada siklus II pertemuan 2 mencapai 81,37%. Peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui bercerita dengan papan flannel didukung indikator yaitu mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, menjawab pertanyaan tentang keterangan/ informasi secara sederhana, menyebutkan kata – kata yang dikenal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bercerita menggunakan papan flannel dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berbahasa, bercerita, papan flannel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:00
Last Modified: 20 Nov 2012 13:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item View Item