Upaya Meningkatkan Keterampilan Menganyam Melalui Metode Demonstrasi Di TK Pertiwi 1 Canden, Sambi, Boyolali Tahun 2012

Kusumastuti, Retno Purwaning (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menganyam Melalui Metode Demonstrasi Di TK Pertiwi 1 Canden, Sambi, Boyolali Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (619kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menganyam melalui metode demonstrasi . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), dan refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan reduksi data. Subyek penelitian anak TK Pertiwi 1 Canden, dengan banyak anak didik 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan menganyam. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 2,3, siklus II adalah 2,8, dan siklus III 3,3. Pencapaian pada siklus I, siklus II, dan siklus III ada 20 anak, 24 anak, 29 anak atau prosentasenya adalah 61%, 73%, 88%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan menganyam di TK Pertiwi 1 Canden, Sambi, Boyolali tahun 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menganyam,Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Nov 2012 05:01
Last Modified: 21 Nov 2012 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item View Item