Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Gambar Seri (Penelitian Pada Anak Kelompok Usia 4-5 Tahun di KB Dahlia Sengon Tahun Pelajaran 2012/2013)

Rahayu, Tuti Budi (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Gambar Seri (Penelitian Pada Anak Kelompok Usia 4-5 Tahun di KB Dahlia Sengon Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan Gambar Seri pada anak kelompok usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain Dahlia Sengon tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberi tindakan, kemampuan berbahasa anak kurang sehingga guru mengupayakan alternatif pemecahannya. Solusi yang dilakukan pada pelaksanaan tindakan ini adalah bercerita dengan Gambar Seri. Subyek pelaksanaan tindakan adalah kelompok usia 4-5 tahun di kelompok Bermain Dahlia yang berjumlah 18 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indiktor kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan melalui bercerita dengan Gambar Seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada anak di Kelompok Bermain Dahlia Sengon tahun pelajaran 2012/2013 meningkat minimal 75% dari 18 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahsa anak sebelum diadakan tindakan sebesar 44,86%. Setelah dilakukan tindakan yaitu memerapkan metode bercerita dengan Gambar Seri pada siklus I kemampuan berbahasa anak meningkat menjadi 60,42% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,92%. Dari penelitian ini melalui metode bercerita dengan Gambar Seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain Dahlia Sengon

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, bercerita, gambar seri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Nov 2012 10:46
Last Modified: 20 Nov 2012 13:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21304

Actions (login required)

View Item View Item