Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi I Pandeyan Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Aminatun, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi I Pandeyan Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran berbicara melalui metode ceramah ternyata hanya menghasilkan 25 % anak yang mampu berbicara dengan baik. Padahal harapan guru anak yang mampu berbicara dengan baik mencapai 80 %. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi 1 Pandeyan Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi 1 Pandeyan Jatinom Klaten pada anak kelompok B tahun ajaran 2012/2013. Data tentang perilaku guru, anak dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan berbicara anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Adapun langkah-langkah pembelajaran melalui metode bermain peran yang berhasil adalah sebagai berikut : 1) guru memperkenalkan dan menjelaskan cara bermain peran kepada anak, 2) memberikan gambaran cerita yang akan dimainkan, 3) menawarkan peran kepada anak, 4) memperkenalkan jenis media yang akan digunakan, 5) menggunakan media atau alat untuk melaksanakan kegiatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara dan Metode Bermain Peran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Nov 2012 11:01
Last Modified: 19 Nov 2012 12:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21280

Actions (login required)

View Item View Item