Peningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Kelompok B TK Aba Sribit Delanggu Tahun Pelajaran 2012/2013

Hikmawati, Triwik Erna (2012) Peningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Kelompok B TK Aba Sribit Delanggu Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian bertujuan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak TK Kelompok B TK ABA Sribit Delanggu Tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan media gambar. sebelum diberikan tindakan, motivasi belajar membaca anak kurang dan guru sudah mengupayakan alernatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan membaca anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah anak dengan menggunakan media gambar. subyek pelaksanaan yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, penugasan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak Kelompok B di TK ABA Sribit Delanggu Tahun Pelajaran 2012/2013 meningkat 80% dari 15 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan membaca awal sebelum diadalan tindakan dengan menggunakan media gambar Pra Siklus sebesar 40,8%, Siklus I peningkatan kemampuan membaca 60,62%, Siklus II peningkatan kemampuan membaca sebesar 71,05%, Siklus III peningkatan kemampuan membaca sebesar 82,08%. Persentase peningkatan kemampuan membaca awal anak TK ABA Sribit Delanggu sebesar 41,28%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Awal, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Nov 2012 06:53
Last Modified: 19 Nov 2012 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item View Item