Ermawati, Erni (2012) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dan Aktivitas Belajar Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar PKN Kelas V SDN 01 Pandeyan Tasikmadu Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (497kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (315kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Salah satu cara pengembangan potensi siswa adalah dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Diharapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa merupakan kegiatan positif yang mempunyai pengaruh yang sifatnya langsung bagi siswa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah ada pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Pandeyan Tahun Ajaran 2011/2012?. 2). Apakah ada pengaruh aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Pandeyan Tahun Ajaran 2011/2012?. 3). Apakah ada pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Pandeyan Tahun Ajaran 2011/2012?”. Populasi penelitian ini adalah 40 siswa, 17 siswa putra dan 23 siswa putri kelas V semester II SDN 01 Pandeyan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 0,229, kegiatan ekstrakurikuler pramuka juga memberikan kontribusi sebesar 8,9%. Aktivitas belajar di rumah memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 1,279. Aktivitas belajar di rumah juga memberikan kontribusi sebesar 11,6%. Sedangkan secara bersama-sama kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan aktivitas belajar di rumah memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 2,936 dan memberikan kontribusi sebesar 20,5%. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: kegiatan ekstrakurikuler pramuka memberikan pengaruh dan kontribusi terhadap prestasi belajar. Aktivitas belajar di rumah memberikan pengaruh dan kontribusi terhadap prestasi belajar. Sedangkan secara bersama-sama kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan aktivitas belajar di rumah juga memberikan pengaruh dan kontribusi terhadap prsetasi belajar PKn
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan ekstrakurikuler pramuka, aktivitas belajar di rumah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Nov 2012 07:24 |
Last Modified: | 17 Nov 2012 07:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21257 |
Actions (login required)
View Item |