Patriana, Wendy Dian (2012) Korelasi Antara Hubungan Sosial Antarsiswa Di Kelas Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Bratan 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (767kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (275kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi antara hubungan sosial antarsiswa dikelas dengan prestasi siswa kelas IV B SD Negeri Bratan 1 Surakarta. Hubungan sosial siswa ditunjukkan dengan besarnya penerimaan individu oleh lingkungan sosialnya (kelompoknya). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri Bratan 1 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas IV B SD Negeri Bratan 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode angket dan dokumentasi. Angket yang digunakan terdiri dari angket sosiometri dan angket hubungan sosial. Metode analisis data menggunakan analisis indeks penerimaan (choice status) dan analisis korelasi tata jenjang. Analisis indeks penerimaan bertujuan untuk mengetahui status penerimaan individu (penerimaan sosial) dalam satu kelompok. Analisis korelasi tata jenjang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara indeks penerimaan dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data melalui indeks penerimaan diperoleh hasil bahwa hubungan sosial antarsiswa di kelas IV B tersebar. Apabila dikomparasikan dengan daftar nilai rata-rata 5 mata pelajaran siswa menunjukkan bahwa besarnya indeks penerimaan berbanding lurus dengan nilai rata-rata 5 mata pelajaran. Analisis korelasi tata jenjang menunjukkan hasil sebesar 0,578 dengan taraf signifikansi 5% dengan n sebanyak 30 adalah 0,364 dan pada taraf signifikansi 0,1% dengan n sebanyak 30 adalah 0,478. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara hubungan sosial antarsiswa dengan prestasi belajar siswa kelas IV B SD Negeri Bratan 1 Surakarta
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hubungan sosial antarsiswa, penerimaan sosial, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Nov 2012 04:56 |
Last Modified: | 17 Nov 2012 04:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21256 |
Actions (login required)
View Item |