Fajarwati, Selvia Dwi (2012) Penerapan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gringging 2 Sambungmacan Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (814kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (487kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puiai melalui teknik permainan bahasa dan mengetahui desain pembelajaran puisi dengan menggunakan teknik permainan bahasa pada siswa kelas V SD Negeri Gringging 2 Sambungmacan Sragen. Jenis penelitin ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Gringging 2 Sambungmacan Sragen yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan menulis puisi siswa yang sebelumnya hanya 63,16%. Pada siklus 1 hasil belajar yang dicapai menjadi 78,95% dari 19 siswa dan 15 siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 89,47% dengan 17 siswa yang telah mencapai KKM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunan teknik permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis puisi, teknik permainan bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Nov 2012 04:32 |
Last Modified: | 17 Nov 2012 04:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21255 |
Actions (login required)
View Item |