Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Buntalan I Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012-2013

SUGIYARTI , SUGIYARTI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Buntalan I Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui bermain bentuk geometri pada anak kelompok B TK Aisyiyah Buntalan I Klaten semester I Tahun Pelajaran 2012-2013, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok B Tk Aisyiyah Buntalan I Klaten semester I Tahun Pelajaran 2012- 2013 yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan metode bermain bentuk geometri, wawancara yang digunakan antara peneliti dengan anak dan didokumentasikan dalam kegiatan bermain geometri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan, kemapuan kognitif anak 37,38%, setelah tindakan pada siklus I mencapai 59,95%, pada siklus II meningkat menjadi 84,34%. Berdasarkan data hasil PTK tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan diduga melalui bermain bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B Tk Aisyiyah Buntalan I Klaten semester I Tahun Pelajaran 2012-2013 terbukti dan bisa diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, Bentuk Geometri.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 16 Nov 2012 12:00
Last Modified: 16 Nov 2012 12:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item