Milaksih, Wiwit Rinta (2012) Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Modified Free Inquiry Dengan Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (974kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (599kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa selama proses pembelajaran matematika melalui strategi modified free inquiry dengan berbasis macromedia flash. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Karanganyar yang berjumlah 32 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII D SMP Negeri 5 Karanganyar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari indikator kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika yang meliputi apek : 1) mampu menentukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 50%, 2) mempunyai ide dalam memecahkan masalah sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 53,12%, 3) mampu mengemukakan ide pendapat dengan jelas sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 59,37%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi modified free inquiry dengan berbasis macromedia flash dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modified free inquiry, macromedia flash, kreativitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Nov 2012 07:08 |
Last Modified: | 16 Nov 2012 07:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21236 |
Actions (login required)
View Item |