Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Materi Penggolongan Hewan Dengan Alat Peraga Gambar Dan Model Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kemudo Prambanan Tahun Pelajaran 2012/2013

Hayati,, Sittah Nur (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Materi Penggolongan Hewan Dengan Alat Peraga Gambar Dan Model Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kemudo Prambanan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD N 1 Kemudo Prambanan tahun pelajaran 2012/2013, menggunakan alat peraga gambar dan model. Sebelum diadakan tindakan hasil belajar IPA kelas IV yang masih dibawah KKM berjumlah 12 siswa dari 20 siswadengan nilai rata – rata 62.9, setelah diadakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan hasil be lajar yang mencapai KKM berjumlah 14 dari 20 siswa dengan nilai rata- rata 75.75, dan pada siklus II meningkat kembali siswa yang mencapai KKM berjumlah 19 (95%) dengan nilai rata - rata 85.6. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan menggunakan alat peraga gambar dan model dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi menggolongkan hewan berdasrkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kemudo meningkat minimal 75 %dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan alat peraga gambar dan model sebanyak 12 (60%) siswa belum mencapai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang belum mencapai KKM bebanyak 6 (30%) dan pada siklus II sebanyak 1 (5%) siswa yang belum mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini hasil belajar meningkat sebanyak 35%, hipotesis yang menyatakan “ Melalui pemanfaatan alat peraga gambar dan model pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester gasal SD Negeri 1 Kemudo tahun pelajaran 2012/2013”terbukti dan dapat diterima kebenarannya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Alat Peraga, Gambar dan Model
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Nov 2012 11:59
Last Modified: 14 Nov 2012 12:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item View Item