Strategi Sarapan Pagi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Plumbon 01 Kecamatan Mojolaban Tahun 2011/2012

Nugroho, Bayu (2012) Strategi Sarapan Pagi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Plumbon 01 Kecamatan Mojolaban Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (782kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (496kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SD N Plumbon 01 yaitu rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Strategi Sarapan Pagi pada kelas IV SD N Plumbon 01 tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N Plumbon 01 yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 11 laki-laki dan dan 17 perempuan. Subjek pemberi tindakan adalah peneliti sebagai guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif untuk minat, deskriprif kuantitatif untuk hasil belajar, dan analisis interaktif untuk pelaksanaan pembelajaran yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data awal berdasarkan data hasil observasi, didapat hasil minat yaitu, 14 siswa dari 28 siswa atau 50 % yang mencapai indikator minat, antara lain partisipasi, perhatian dan perasaan senang. Hasil penelitian siklus I terjadi peningkatan dari 50 % menjadi 64 % (ada peningkatan minat belajar sebesar 14 %). Pada siklus II minat belajar yang tercapai sebesar 77 % (ada peningkatan minat belajar sebesar 13%). Berdasarkan kriteria yang ditetapkan 75 % maka penelitian ini dikatakan berhasil Dan dilihat dari data nilai ulangan, didapat nilai  64 sesuai KKM adalah 14 siswa dari 28 siswa atau 50%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 14 siswa atau 50%. Hasil penelitian siklus I terjadi peningkatan dari 50% menjadi 54% ( ada peningkatan hasil belajar sebesar 4% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 89% ( ada peningkatan hasil belajar sebesar 35% dari siklus I). Berdasarkan kriteria yang ditetapkan 75 % maka penelitian ini dikatakan berhasil. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan Strategi Sarapan Pagi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar matematika, hasil belajar matematika, Strategi Sarapan Pagi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Nov 2012 07:06
Last Modified: 14 Nov 2012 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21203

Actions (login required)

View Item View Item