KONTRIBUSI PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Eksperimen di SMPN 1 Ampel Kelas VIII Tahun Ajaran 2007/2008)

SULASTRI, SULASTRI (2008) KONTRIBUSI PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Eksperimen di SMPN 1 Ampel Kelas VIII Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040188.pdf

Download (820kB)
[img] PDF
A410040188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah dan konvensional pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN1 Ampel tahun ajaran 2007/2008. Sampel penelitian ini diambil dengan cara cluster sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dari prestasi belajar matematika siswa. Setelah uji prasyarat terpenuhi dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t-test. Berdasarkan perhitungan uji t-test menunjukkan thitung=2,415 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% besarnya 2,002, jadi thitung>ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran dengan pendekatan pemecahan masalah dengan siswa yang diberi pengajaran konvensional. Data prestasi belajar matematika diperoleh dari sampel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang mengikuti tes pokok bahasan garis singgung lingkaran menunjukkan mean kelas eksperimen 69,200 dan mean kelas kontrol 63,943. Dari hasil perhitungan ini dapat diketahui bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan konvensional ada pokok bahasan garis singgung lingkaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pemecahan-Masalah, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2009 08:59
Last Modified: 17 Nov 2010 01:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item